DPMPTSP Bone Lakukan Bimtek untuk Pelaku UKM - Yayasan Adil Sejahtera (YAS) Indonesia

DPMPTSP Bone Lakukan Bimtek untuk Pelaku UKM


Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelaku UMKM. Dinas Penanaman Modal dan Pelyanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bone menggelar bimbingan teknik (bimtek) “Mutu dan Kualitas Produk” Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bimtek dilaksanakan selama 1 (satu) hari di aula Bappeda pada Kamis (13/06/2019), yang dihadiri oleh 30 pelaku UMKM dan beberapa Dinas terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Bone. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Drs. Muhammad Akbar. MM. Adapun narasumber adalah Ibu Hj. Faridah Hanafing, S.T. selaku Direktur Retail Modern Surya Indah. Sebelum memasuki sesi pemberian materi bimtek dilakukan penandatanganan MoU kerjasama antar retail modern Surya Indah dan pelaku UMKM.

Dalam sambutannya Kepala Dinas PMPTSP menyampaikan apresiasi kepada Kepala Kasi Kerjasama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu selaku ketua panitia yang telah melaksanakan kegiatan bimtek mutu dan kualitas produk bagi pelaku UMKM. 'Salah satu faktor penunjang kegiatan usaha adalah mutu dan kualitas produk yang baik karena dengan mutu dan kualitas yang baik dari produk mereka akan mampu besaing dipasaran, bahkan jika di padukan dengan sebuah manajemen yang baik akan mampu bersaing di pasar nasional maupun menembus pasar ekspor', tuturnya.

Selain itu, bimtek ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap pengembangan usaha pelaku UMKM. Oleh karena itu, pelaku usaha diharapkan memiliki kemauan yang keras untuk mengembangkan diri, namun apalah artinya semua itu jika tidak dibarengi dengan tekad dari pelaku usaha sendiri untuk mau maju dan berhasil.

“Seorang pengusaha tidak ada yang langsung menjadi besar, pasti dimulai dari usaha kecil. Kita tanamkan dalam hati dan pikiran bisa maju dan sukses, maka kita akan bisa maju dan sukses. Sebaliknya, kalau kita tanamkan dalam hati menjadi orang biasa, maka itu juga yang akan terjadi,” kata Kadis.

Oleh karena itu, Kadis DPMPTSP berharap peserta bimtek memanfaatkan kegiatan tersebut dengan baik untuk menambah pengetahuan agar dapat diterapkan dalam pengembangan usaha.

Di akhir sambutannya, Kadis DPMPTSP meminta Kasi Kerjasama membina dengan baik peserta bimtek sekaligus menfasilitasi mereka agar mendapatkan kemudahan untuk pemasaran produk, sehingga ke depan menjadi pengusaha sukses.

Kepala Seksi Kerjasama Penanaman Modal dan Pelayana Terpadu Satu Pintu selaku ketua panitia dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan bimtek bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi pelaku UMKM di Kabupaten Bone. Selain itu, membentuk pelaku UMKM yang maju, kuat dan berdaya saing melalui perbaikan mutu dan kualitas produk dengan manajemen usaha baik.

Sumber : dpmptsp.bone.go.id