Mal Pelayanan Publik Barru di Resmikan Oleh Menteri PAN-RB


Salah satu terobosan yang berhasil diwujudkan Pemerintah Kabupaten Barru di bawah kepemimpinan Suardi Saleh-Nasruddin adalah Mal Pelayanan Publik (MPP) yang telah di launching secara resmi bertepatan dengan Hari Jadi Barru, 20 Februari 2020.

Mal Pelayanan Publik Kabupaten Barru ini di Resmikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

MPP Barru yang bertempat di tower kantor Bupati Barru ini bertujuan untuk memberikan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman. Ismu Iskandar selaku Direktur Yayasan Adil Sejahtera yang merupakan Lembaga pendamping dalam pembentukan MPP Barru ini menyampaikan bahwa sebelumnya di Kabupaten Barru telah memiliki sentra pelayanan publik yakni Masiga Center, hanya saja belum semua pelayanan publik bergabung di tempat itu. Berbeda dengan MPP, dengan konsep mal ini semua layanan publik sudah ada ini baik layanan pemerintah daerah, pemerintah provinsi, BUMN, BUMD, dan layanan publik lainnya.

“MPP Barru ini dibentuk dengan beberapa tahapan yakni diawali dengan Koordinasi Pelayanan, baik instansi pusat maupun daerah, BUMN/BUMD dan swasta yang akan di integrasikan. Kemudian ditahap kedua dilakukan pengaturan kelembagaan, mekanisme kerja antar instansi dan bisnis process MPP. Pada tahap ketiga dilakukan penyiapan sarana dan prasarana MPP, dan tahap keempat dilakukan penataan SDM seperti analisis kebutuhan personil dan pengembangan SDM. Tahap akhir yakni sosialisasi dan publikasi sekaligus launching”, tutur ismu iskandar.

Sudah ada dua daerah dampingan kami dalam pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang telah launching, yakni MPP Kota Palopo dan MPP Kabupaten Barru. Beberapa daerah lain yang kami dampingi dalam pembentukan MPP seperti Kabupaten Maros dan Kabupaten Wajo sudah dalam tahap penyiapan sarana dan prasarana dan akan launching secepatnya, Tutup Ismu.